Solo (very) Short Trip to Solo

Assalamualaikum wr.wb
Halo semua yang membaca postinganku kali ini, apa kabar? gimana lebarannya? dapet THR berapa? kalo aku ngga usah ditanya, yang jelasTHRnya masih banyakan keponakanku yang masih 2 tahun kok :"), eh kok malah bahas THR hahahaha.
Wah, kayaknya emang aku ngeposting di blog ini tuh setahun sekali ya? coba kalian liat postinganku yang sebelumnya, tahun 2017, postingan yang sebelumnya lagi tahun 2016 dan itu bulan Januari, sial parah banget, hahahaha, padahal dulu ngeblog udah kayak makan 3 kali sehari. Kalau kurang materi sebenernya enggak, malah aku terlalu sering dapet materi sampe-sampe males banget buat ngeblog, nah! itu, sebenernya aku tuh males banget buat nulis lagi, kayak susah banget buat bagi waktu sama kesibukanku as mahasiswa (cuih alasan) dan kerjaan lainnya (alias nonton drama korea sama fangirling)
hahaha.

Ok, kali ini aku bakal cerita pengalamanku pada tanggal 17 Maret 2018 lalu, iyaaa aku pergi ke Solo, sendirian, dan ini pertama kalinya dalam hidupku pergi ke kota ini, iya 19 tahun hidup baru pernah ke Surakarta loooh, si Yanar Zuhairtia Adila ini..... hahaha parah nggak sih.

Jadi gimana sih awalnya aku pergi ke Solo ini? Jadi awalnya, ada temenku yang anak UGM janjian sama aku katanya mau nginep di kosan ku 2 hari, soalnya dia libur dan dia nggak tau mau ngapain, akhirnya aku iyain karena aku juga gabut dan nggak tau mau ngapain, dia bilang bakal ke kosanku hari Jum'at jam 5 Sore, oke aku tungguin, dan sampe jam 7 malem nggak dateng dateng ini anak, padahal udah aku whatsapp sampe berkali kali dia nggak jawab, dan tiba tiba dia live di Instagram, dan ternyata kakaknya dateng ke Jogja, akhirnya dia cancel nggak jadi nginep di kosanku, yang singkat cerita membuat aku bete, dan aku memutuskan untuk pergi ke Solo.

Kenapa Solo? ya karena udah hampir setahun di Jogja, tapi belum pernah ke Solo, padahal kalo naik pramex cuma 8000 doang?! dan aku juga udah lama nggak pulang kampung waktu itu jadi aku juga kangen naik kereta, dan ada embel embel ingin ke Lotte mart cari ramen sama milkish he he he. Akhirnya dengan penuh tekad, aku menghubungi temanku si Emil yang menjadi tukang ojeg setiaku dalam berpergian untuk mengantarkanku ke stasiun esok hari jam 7 pagi, namun dia protes tidak mau jam 7 karena dia belum bangun jam segitu, akhirnya negosiasi panjang dan fix jam tengah 9.
Saat berangkat jam segitu, feelingku tidak enak karena sepertinya bakalan habis tiket jam 9 nya, ya karena hari itu weekend kan, dan ternyata feelingku benar, tiket jam 9 habis, dan lebih parahnya aku dapet tiket jam 11 pagi :"), aku hanya bisa ngelus-ngelus dada. Akhirnya sambil nunggu, aku sama Emil pergi ke Pasar Lempuyangan dulu bentar, beli teh sisri serenteng, telor sekilo, dan beberapa jajanan pasar.


Emil sedang membeli pindang
Nah, akhirnya setelah ke Pasar Lempuyangan, aku di antar ke Stasiun Lempuyangan lagi, dan Emil pun pulang, waktu itu baru jam 9.10 kalo nggak salah, dan yang artinya aku harus nunggu 2 jam lebih di stasiun, wah bener bener gabut sih waktu itu, udah kayak orang yang telat kereta lalu hopeless.

Setelah bergabut ria, akhirnya jam menunjunkan pukul 11.00, aku pun langsung masuk ke dalem, karena bentar lagi keretanya tiba, oh iya bagi kalian yang mungkin masih belum tau jalur prameks itu sebenernya gimana, jadi KRL Prambanan Ekspres ini jalurnya Kutoarjo-Yogyakarta-Solo gaes, dari Stasiun Kutoarjo sampe stasiun terakhirnya yaitu Stasiun Solo Balapan. Tiketnya murah banget, yaitu cuma RP.8000 saja gengs, makanya cepet abis wkwkwk, nah buat kalian yang mungkin memang merencanakan trip dengan low budget dari Jogja ke Solo aku saranin pake banget, pake Prameks aja, dan untuk jadwal bisa kalian akses disini.

Keretanya udah dateng gaes! ayo kita masuk!!
Di dalam kereta
 Karena ga ditentuin tempat duduknya, kita bisa duduk dimana aja, pakai asas siapa cepat dia dapat, nah kalau nggak kebagian tempat duduk ya terpaksanya harus berdiri kaya orang Jepang sama  Korea getoh.
Sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan, akhirnya aku nyampe di Stasiun Solo Balapan, tadinya bingung mau turun di Purwosari atau Solo Balapan, tapi menurut instingku, Solo Balapan lebih kota, hehehe.


Yap! udah sampai, dan jujur aku bingung banget kaya orang ilang disini, tapi aku sok iye aja lanjut jalan. Habis keluar dari stasiun, aku bingung mau kemana, dipikir karo mlaku, akhirnya muncul ide buat ke Kraton Surakarta, terus aku pesen gojek buat pergi ke Kraton, eh aku kaget karena kok cuma 5000 doang? apa sedeket itu ya? apa jalan aja? tapi karena panas, akhirnya aku pesen gojek aja.
Nah si bang gojek udah dateng, as usual ditanya tanyain dari mana, mau ngapain, nah sambil ngobrol ngobrol, aku merhatiin jalan jalannya, tapi ini jaraknya lumayan loh dari Solo Balapan ke Keraton Surakarta, masa sih cuma 5000? kalo di Jogja, jarak segini mah bisa 10ribu.

Keraton Surakarta

Dann akhirnya, setelah naik motor sekitar 7menit kurang lebih, melewati kemacetan mobil yang emang kayaknya bertujuan buat ke keraton juga.
First Impressionku sama tempat ini, SUMPAH LUCU BANGEEETT AAIIIIIHHH!!!!

Habis laporan (?)


Warnanya biru biru tosca, which is one of my favorite colour, wah seneng banget aku disini, tapi aku agak bingung, karena nggak ada pintu masuk, terus tiba-tiba ada bapak bapak tukang becak nyamperin aku, nawarin nganter ke lokasi wisatanya, namun tentu aku menolak karena aku kere, akhirnya dengan ke sok tau-an ku, aku jalan aja ke tempat orang-orang pada jalan, dan ternyata bener gaes, tempatnya disanaa, trims ya bapak tukang becak karena ngasih tau informasi hihihi.


Buat masuk ke dalem, kita perlu bayar tiket masuk Rp.10.000, harga yang standar buat masuk ke lokawisata. 
Seneng aja kesini karena menurutku Keratonnya aesthetic banget. Kalau buat perbedaan sama Keraton Jogja, jelas tema warnanya ya, kalau Keraton Surakarta warnanya biru-biru, kalau Keraton Jogja lebih ke hijau sama kuning, dan dua duanya sama  sama amazing.
Emang kayanya, keraton dimanapun itu adem ya, karena setelah masuk, adem banget cuy bawaannya, kayaknya kalau ga malu, aku bakalan tidur sih disini hahahaha.
Disini terdapat barang- barang penting yang juga peninggalan dari keraton ini, banyak yang diperlihatkan, cuma karena gelap, kamera hpku yang pas pasan ini nggak bgt hasil fotonya, maaf ya nggak diperlihatkan secara visual, kalau kepo ya kesini dong hehehe. 

Buat kalian yang suka foto-foto, atau kalian anak feeds, seriously, kalian harus kesini, karena lucu bgt tempatnya buat foto-foto, sayang banget, aku sendirian, dan temen-temenku yang ada di Solo juga sedang berkutat dengan tugas-tugasnya sehingga tiada yang bisa menemaniku sama sekali, akhirnya aku selfie sendiri wkwkwkwk.
aku menemukan jodohku HAHAHAHA





Dan setelah jalan-jalan di Keraton, air Tuhan pun turun ke bumi dengan malu-malu, iye maksudnya gerimis, akhirnya aku ke Masjid buat shalat duhur sambil nunggu hujannya reda, setelah reda, lanjut jalan deh.

Jalan-Jalan di sekitar Keraton

Karena berfikir untuk hemat, akhirnya aku jalan keluar kraton, ke daerah Pasar Klewer, dan juga pas tadi naik gojek, aku liat ada semacam foodcourt center gitu, akhirnya aku memutuskan kesana sambil jalan-jalan, dan ternyata lumayan juga jalannya ya wkwkwk.


Tadinya aku mau masuk ke Pasar Klewer, tapi mengingat waktu, dan mengingat perut keroncongan, akhirnya aku nggak masuk ke Pasar Klewer, dan berjanji suatu saat bakal kesini lagi dan masuk Pasar Klewer. Lanjut, aku jalan-jalan ke yang aku bilang tadi, smacam food court gitu. aku pikir sih bakal banyak jajanan gituu.
tempatnya ada di kanan foto ini
Dan ternyata beda dari ekspektasiku, ternyata makanan berat semuaaa, hahaha, akhirnya aku nggak jadi makan disitu, dan lanjut jalan. Sambil jalan, ternyata disepanjang jalan itu tuh banyak mal-mal semacam Pasar Beringharjo, isinya kebanyakan batik, sepatu, dan sejenisnya, aku yang kepo jadi masuk dan muterin tempat itu, hmm mengingatkanku pada Pasar Beringharjo, tapi serius aku lupa nama tempatnya apa hahahah.

Dan akhirnya aku lanjut jalan, niat mau ke Lotte Mart pakai gojek, tapi setelah sampe ternyata ujan gede banget, dan akhirnya aku sama abang gojeknya ngiup di Indomaret Lotte Mart, dan aku gagal ke Lotte Mart :(. Ya, karena waktu udah sore, takut nggak kebagian tiket prameks, aku pesen gocar buat ke Stasiun, dan aku kaget banget tarifnya cuma 10.000, ini emang harga gojek di Solo beda dari tempat lain apa gimana sih? yang tau komen ya. Dan Alhamdulillah aku dapet tiket kereta terakhir.

Hm, bener bener short trip banget, tapi aku janji, aku bakal kesini lagi dan main dengan niat, terlebih lagi habis nonton videonya Kak RiaSW, jadi makin semangat buat kulineran di Solo.

Oke sekian dulu, terimakasih ya yang udah mau baca postingan ini sampai akhir, maaf juga karena foto fotonya nggak bagus. see you! semoga postingan ini bermanfaat dan membantu kalian. Semoga hari kalian menyenangkan!


You May Also Like

1 komentar

  1. Keren kak blognya jangan lupa mampir
    http://www.instatraveller.blogspot.com

    BalasHapus